Siapa pemenang Indonesian Idol 2008 akhirnya terjawab sudah. Melalui ajang spektakuler Indonesian Idol Result and Reunion Show yang berlangsung Sabtu malam 2 Agutus 2008, Januarisman atau lebih dikenal dengan panggilan Aris Idol terpilih menjadi pemenang Indonesian Idol 2008 setelah menyisihkan Gisel Idol yang harus puas menjadi runner up. Untuk itu Aris berhak menyandang gelar Indonesian Idol 2008.

Aris yang dari awal memang telah mencuri perhatian dengan suara emasnya, ditambah dengan momen audisi yang menghasilkan tangisan dan standing applaus dari Titi Dj berhasil memenangkan kontes tahunan yang diadakan oleh RCTI ini. Perjalanan dari babak ke babak dilewati oleh pengamen asal Jakarta ini. Pada babak Grand Final yang dilaksanakan Sabtu 26 Juli 2008 yang lalu, Aris berhasil memukau pengunjung dengan lagu kebangsaannya Rasa Yang Tertinggal yang juga dulu dibawakannya pada audisi. Pada malam result dan reunion Indonesian Idol 2008 Aris memukau pengunjung dengan duetnya bersama Rini Idol dengan membawakan lagu Numb.

Gisel yang pada akhir acara Result and Reunion Show Indonesian Idol tampil sangat sempurna membawakan lagu Time to Say Goodbye bersama Mike Idol. Namun sayang, penampilannya di penghujung acara rupanya terlambat mengundang dukungan SMS baginya. 

Menyaksikan acara Indonesian Idol 2008 Result and Reunion Show, sangat kental nuansa dukungan pada Aris. Tebukti dari adegan-adegan tangisan dan pujian Titi Dj kepada Aris diputar berulang-ulang, sedangkan video profile untuk Gisel justru menampilkan komentar-komentar pedas dari sang juri. Penempatan waktu penampilan juga terasa sangat memihak pada Aris, penampilan duet mautnya bersama Rini di satu jam pertama acara sangatlah tidak adil bagi Gisel yang terbukti sempurna membawakan lagu dengan tingkat kesulitan tinggi yang justru ditampilkan 10 menit sebelum line voting ditutup.

Daniel Mananta sebagai pembawa acara mengaku bahwa terjadi persaingan SMS yang sangat signifikan setelah penampilan Gisel. Satu pertanyaan yang mungkin terbesit, jika saja penampilan sempurna Gisel dijadwalkan pada jam yang sama dengan penampilan Aris, akankah hasil akhirnya seperti ini?

Tetapi bagaimanapun keputusan telah dibuat, Aris menjadi Idola baru Indonesia menjadi sebuah catatan tersendiri di dunia musik Indonesia. Sebuah kebanggaan seluruh masyarakat Indonesia memiliki seorang Penyanyi baru dengan talenta luar biasa. Selamat buat Aris Sang Indonesian Idol 2008.

Catatan: Artikel ini ditulis oleh Augusman Zalukhu sebagai blogger tamu/guest blogger di EkoNurhuda.com.