Masih berkaitan dengan cerita kenaikan pagerank EkoNurhuda.com, di posting sebelumnya saya menyampaikan 3 hal yang disinyalir menjadi penyebab utama kenaikan pagerank blog ini. Hal pertama adalah linkback, satu faktor yang disepakati oleh seluruh pakar SEO sebagai penentu peringkat sebuah blog atau situs. Semakin banyak linkback yang dimiliki oleh sebuah blog, maka kemungkinannya untuk memperoleh peringkat tinggi akan semakin besar. Pertanyaannya sekarang, bagaimana cara memperoleh linkback?

Sebenarnya hal ini bukanlah perkara sulit. Saya punya 1 jalan untuk memperoleh linkback dengan mudah. Berhubung saya bukan pakar SEO, maka cara ini hanyalah metode sederhana saja. Kalau Anda suka cara-cara tidak sederhana alias teknik tingkat tinggi, posting ini bukan untuk Anda. Namun berdasarkan pengalaman pribadi, saya menjumpai bahwa metode amatiran ini ampuh juga untuk mengumpulkan linkback dan ujung-ujungnya menaikkan peringkat serta popularitas blog. Apa itu?

Kunci memperoleh linkback sebenarnya terletak pada kesediaan kita untuk berinteraksi dengan blogger lain. Pepatah “tak kenal maka tak sayang” juga berlaku di blogosphere, hanya redaksinya saja yang sedikit berubah menjadi “tak kenal maka tak dapat linkback”.  Jadi, kalau ingin blog Anda di-link banyak blog, berinteraksilah dengan blogger lain. Caranya? Tak lain tak bukan tentu saja dengan blogwalking alias mengunjungi blog lain di luar sana.

Carilah sejumlah blog yang memiliki kesesuaian tema dengan blog Anda, lalu kunjungi secara rutin. Jangan sekedar berkunjung saja, tapi tinggalkanlah komentar di posting terbarunya. Terlebih lagi jika belum ada yang berkomentar di situ. Berikan pandangan atau persetujuan Anda terhadap apa yang dituliskan blogger tersebut dan ucapkan salam perkenalan. Dari sini, hubungan Anda dengan blogger tersebut lambat laun akan menjadi semakin dekat dan dekat. Nah, setelah dirasa akrab barulah saling bertukar link. Bukankah akan lebih mudah meminta atau memberi sesuatu (termasuk link) pada orang yang sudah dikenal?

Keuntungan lain dari meninggalkan komentar adalah kemungkinan memperoleh linkback langsung tanpa harus bertukar link dengan pemilik blog. Ini berlaku untuk blog yang menganut paham dofollow, di mana orang-orang yang berkomentar secara otomatis akan memperoleh linkback dari komentarnya tersebut. Tentunya akan lebih fair jika Anda juga mengaktifkan fasilitas dofollow di kolom komentar Anda. Btw, atas saran Bang Zalukhu blog ini akhirnya mengubah status nofollow menjadi dofollow. Jadi, silakan berkomentar jika ingin memperoleh linkback.

Setelah rajin blogwalking dan meninggalkan komentar, tentunya kini blog Anda akan kebanjiran komentar. Hal penting selanjutnya yang mesti Anda lakukan adalah menjawab komentar tersebut dan mengunjungi blog pengunjung yang meninggalkan komentar. Jadi, blogwalking—berkomentar—menjawab komentar di blog—berkunjung balik, begitulah siklusnya terus berulang-ulang. Gampang, bukan? Selama masih ingin eksis di jagat blogosphere, Anda tidak boleh bosan melakukan hal tersebut seumur hidup.

Itu saja cara sederhananya. Semoga bermanfaat.