Bila bulan April ini berakhir, itu artinya sudah 4 bulan umur blog ini. Masih muda sekali ya? Tapi di umurnya yang semuda itu telah banyak pengalaman dan juga pendapatan yang diberikan blog ini pada saya. Banyaknya pengalaman yang saya dapat tidak bisa dipungkiri, tapi soal banyak pendapatan masih bisa subjektif. :D Apapun itu, berkat blog ini saya jadi tahu lebih banyak lagi tentang seluk-beluk internet meski itu masih di tingkatan paling dasar.

Dulu, saat masih beralamat sepanjang kereta api, blog ini sangat full dengan banner dan warna-warni iklan. Mulai dari banner afiliasi, iklan PPC, sampai iklan-iklan gak penting lain. Waktu itu saya berpikir semakin banyak sumber pendapatan akan semakin baik. Bukankah banyak pakar bisnis bilang "jangan taruh semua telur dalam keranjang yang sama" di seminar-seminar atau buku mereka? Tapi ternyata praktek di internet tidaklah demikian.

Dari sekian banyak program yang iklan dan banner-nya saya pajang di sini, ternyata hasilnya tak seberapa. Beberapa bahkan NOL BESAR alias sama sekali tak ada hasil. Awalnya saya masih menganggap ini hanya soal waktu saja. Seiring dengan meningkatnya popularitas dan trafik, maka pemasukan dari blog inipun akan turut terkatrol. Eh, ternyata saya salah, saudara-saudara sebangsa dan setanah air sekalian. Saya katakan pada diri saya sendiri bahwa saya telah melakukan kesalahan besar dengan menempatkan terlalu banyak iklan dan promosi di blog ini.

Bagaimana bisa dibilang salah? Begini, semakin banyak iklan kelihatannya memang semakin banyak peluang kita memperoleh pemasukan. Padahal banyaknya iklan hanya akan membuat pembaca blog bingung iklan mana yang harus dilihat, dan akhirnya malah tidak ada iklan yang ia kunjungi. Rugi kan? Semakin banyak iklan membuat fokus perhatian pembaca terpecah dan ujung-ujungnya memilih tidak mengunjungi satupun dari yang saya tawarkan. Ini sama persis seperti saat saya berkunjung ke blog lain yang punya banyak iklan. Apalagi kalau tata letaknya (maaf) amburadul. Duh, mendingan langsung ditutup dan cari blog lain deh.

Nah, konklusi dari semua itu, saya kemudian memutuskan hanya memasang beberapa iklan saja. Itupun saya pusatkan pada beberapa program yang benar-benar menguntungkan. Yaitu program yang memberikan hasil tanpa pengunjung harus membeli atau membayar sesuatu, dan juga program-program berbasis impresi atau jumlah tayangnya. Karena itu sekarang yang terlihat di sini hanya iklan dari program-program berbasis klik (PPC), seperti KlikSaya dan AdToll. Satu lagi adalah Ziddu yang meski tidak nampak tapi memberikan tambahan penghasilan juga. Lalu yang memberikan hasil paling banyak adalah SponsoredReviews. Ya, hanya 4 sumber penghasilan itulah yang saya terapkan di blog ini sedangkan lainnya dibuang jauh-jauh. Alhamdulillah, hasilnya semakin menunjukkan grafik meningkat meski belum terlalu signifikan.

Bagaimana pendapat Anda?